Thursday, December 20, 2012

cara menanam kacang tanah

Cara Budidaya Tanaman Kacang Tanah yang Benar

Langkah Tips Trik Panduan Cara Metode Tutorial Gampang Benar Tepat Update Terbaru Mudah Tradisional Pemeliharaan Pelestarian Perawatan Budidaya Kacang TanahTanamanBlogiztic.net – Kacang tanah merupakan tanaman yang banyak manfat dan kegunaan bagi tubuh manusia. Kacang banyak disukai dan dikomsumsi oleh masyarakat pada umumnya. Untuk itu budidaya tanaman kacang harus ditingkatkan serta dipertahankan sekarang juga.

Informasi seputar budidaya tanaman kacang tanah bisa anda dapatkan sekarang juga. Blogiztic akan mengulas budidaya tanaman kacang tanah yang benar sebagai berikut.

Iklim
Dalam berbudidaya tanaman kacang tanah, curah hujan harus antara 800-1300 mm/tahun. Suhu udara sekitar 26-32 derajat Celcius dengan kelembapan 65-75 persen. Penyinaran matahari harus diperhatikan.


Media tanam
- tanah harus gembur
- pH harus 6,0-5,5
- jangan sampai kekurangan air
- drainase dan aerasi baik, lahan tidak terlalu becek dan kering baik bagi pertumbuhan kacang tanah

Ketinggian tempat
Ktinggian tempat optimun 50-500 mm dengan ketinggian 1500 dpl.

Persyaratan pembibitan
- berasal dari tanaman unguulan
- dari tanaman yang sehat
- kulit bening, mengkilat dan tidak keriput
- tidak tercampur oleh varietas lain
kadar air benih 9-12 persen

Penyiapan benih
Benih harus disimpan di tmpat yang kering dan tertutup rapat.

Persiapan dan pembukaan lahan
Dilakukan dengan pencakulan dan pembajakan.

Pembentukan bendengan
Bila ingin membuat bendengan harus dengan lebar 80 cm dengan kedalaman antara 20-30 cm.

Pengapuran
Untuk menaikkan pH tanah, dilakukan pengapuran dengan dosis kisaran 1-2,5 ton/ha dalam 1 bulan sebelum penanaman.

Pemberian Natural GLIO
Untuk mencegah terjadinya serangan jamur berikan Natural GLIO. Pengembangbiakan Natural GLIO dengan cara: 1-2 sachet Natural GLIO dicampur dengan 50-100 kg pupuk kandang untuk lahan 1000 m2. Selanjutnya didiamkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari + 1 minggu dengan selalu menjaga kelembabannya dan sesekali diaduk (dibalik) . Pemberian Natural GLIO pada sore hari.

Pemupukan
- pupuk kandang 2 – 4 ton/ha, diberikan pada permukaan bedengan kurang lebih seminggu sebelum tanam, dicampur pada tanah bedengan atau diberikan pada lubang tanam.
- pupuk anorganik : SP-36 (100 kg/ha), ZA (100 kg/ha) dan KCl (50 kg/ha) atau sesuai rekomendasi setempat.
- siramkan pupuk POC NASA yang telah dicampur air secara merata di atas bedengan dengan dosis ± 1-2 botol (500-1000 cc) diencerkan dengan air secukupnya untuk setiap 1000 m2 (10-20 botol/ha). Hasil akan lebih bagus jika menggunakan SUPER NASA.

Teknik penanaman
Ada beberapa yang harus anda lakukan dalam melakukan teknik penanaman
- penentuan Pola Tanam
Pola tanam memperhatikan musim dan curah hujan. Pada tanah yang subur, benih kacang tanah ditanam dalam larikan dengan jarak tanam 40 x 15 cm, 30 x 20 cm, atau 20 x 20 cm.
- pembuatan Lubang Tanam
Lubang tanam dibuat sedalam 3 cm menggunakan tugal dengan jarak seperti yang telah ditentukan di atas.
- perendaman Benih dengan POC NASA
Pilih benih yang baik dan agar benih dapat berkecambah dengan cepat dan serempak, benih direndam dalam larutan POC NASA (1-2 cc/liter air) selama + 0,5 1 jam.
- cara Penanaman
Masukan benih 1 atau 2 butir ke dalam lubang tanam dengan tanah tipis. Waktu tanam yang paling baik dilahan kering pada awal musim hujan, di lahan sawah dapat dilakukan pada bulan April-Juni (palawija I) atau bulan Juli-September (palawija II).

Penyulaman
Sulam benih yang tidak tumbuh atau mati, untuk penyulaman lebih cepat lebih baik (setelah yang lain kelihatan tumbuh ± 3-7 hari setelah tanam).

Penyiangan dan Pembumbunan
Penyiangan dilakukan 2 kali umur 1 dan 6 minggu dengan hati-hati agar tidak merusak bunga dan polong.
Pembumbunan dilakukan bersamaan saat penyiangan, bertujuan untuk menutup bagian perakaran.

Pemberian POC NASA dan HORMONIK
Penyemprotan POC NASA dilakukan 2 minggu sekali semenjak berumur 1-2 minggu (4-5 tutup POC NASA/tangki). Kebutuhan total POC NASA untuk pemeliharaan 1-2 botol per 1000 m2 (10-20 botol/ha). Akan lebih bagus jika penggunaan POC NASA ditambahkan HORMONIK (3-4 tutup POC NASA + 1 tutup HORMONIK/tangki). Pada saat tanaman berbunga tidak dilakukan penyemprotan, karena dapat mengganggu penyerbukan.

Pengairan dan Penyiraman
Pengairan dilakukan agar tanah tetap lembab. Untuk menjaga kelembaban pada musim kemarau dapat diberikan mulsa (jerami dan lain-lain). Saat berbunga tidak dilakukan penyiraman, karena dapat mengganggu penyerbukan.
Hal-hal lain yang sangat menunjang faktor pemeliharaan bisa dilakukan, misalnya pemangkasan, perambatan, pemeliharaan tunas dan bunga serta sanitasi lingkungan lahan (dijaga agar menunjang kesehatan tanaman).

Panen
Untuk pemanenan tanaman kacang tanah yaitu antara 3-4 bulan dengan ciri-ciri:
- batang mulai mngras
- daun menguning dan sebagian mulai berguguran
- warna potong coklat khitam-hitaman
- kacang sudah berisi penuh dan keras

Nah bila sudah tahu bagaimana langkah dan panduan dalam budidaya tanaman kacang tanah..sekarang mari kembangkan budidaya tanaman kacang tanah dimulai dari sekarang.

No comments:

Post a Comment