Thursday, December 20, 2012

cara ternak telur ayam versi ke-2

cara memelihara ayam petelur

Di tulis Oleh © Admin:Informasi peternakan ayam Sabtu, 05 Februari 2011
10
Artikel ini lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai cara memelihara ayam.
Dalam tempoh pemeliharaan ayam pada dasarnya dapat di kategorikan atau di bagikan dalam 3 pase.
infoternak akam membahas secara garis besar nya saja mengenai 3 phase di bawah ini.

Pase permulaan
Dalam pase permulaan berawal dari umur 0 hari sampai 6  minggu, dimana bentuk ukuran dan keseragaman sebagai tujuan bagi peternakan ayam. (untuk ayam petelur).

Pase kedua
Pase kedua berawal dari umur 6 minggu sampai 16 minggu ketika hewan ternakan (ayam) perlu di pelihara di bawah program pemakanan yang di kontrol dengan sangat teliti dan hati hati. untuk menghindari peternakan ayam dari berat badan yang berlebihan.

Pase ketiga
Pase ketiga berawal selepas 16 minggu dari umur ayam, dalam pase ini ayam di tuntut untuk mempercepat pertumbuhan untuk persediaan bagi perkembangan seksual dan untuk mencapai keseragaman berat badan yang optimal.

Rincian dari pase permulaan dan keterangan nya
Pase permulaan untuk ayam petelur adalah bermula dimana ayam di erami, atau mengeram, pengeraman minimal dari umur 1 sampai 14 hari.

Selain target berhasilnya proses 24 jam pertama ada juga target 14 hari pertama, yaitu ketika umur ayam menjelang 1 minggu atau 14 hari.
14 hari pertama atau umur ayam 1 minggu merupakan tempoh masa yang paling penting yang harus di fahami oleh seorang peternak.

Dalam ayam menjelang 14 hari dalam peternakan ayam petelur maupun ayam broiler, seorang peternak ayam perlu mengingat mengenai 4 dasar yang harus selalu di perhatikan adalah :

    Air
    Suhu
    Kualitas udara

Kepentingan dalam tempoh mengeram tidak boleh diabaikan. 14 hari pertama anak ayam menyediakan dasar bagi penghasilan yang baik, usaha-usaha yang di jalankan ketika bermulanya fase mengeram , jika berhasil akan memberikan kepuasan kepada peternak ketika penghasilan terakhir ternakan (panen).

Persiapan
makanan dan air yang segar
Sangat perlu di sediakan keadaan air dan makanan yang segar sebelum anak-anak ayam datang di kandang.

brooding dan alat pemanas
Perlu sering di periksa keadaan pemanas untuk memastikan alat2 pemanas tersebut berfungsi dengan baik.

Tempat minum
Tempat minum tambahan sangat di sarankan dari usia sehari sampai usia 7 hari
Gunakan tempat minum yang kecil (sesuai) dan jangan menggunakan tempat minum yang terlalu terbuka misalnya seperti baskom atau ember yang yang di potong atau bahan2 lainnya yang bersipat terbuka ,

ini boleh membantu menghindari masalah penyakit yang berjangkit di kaki (anak ayam) dan jangan menyimpan tempat minum dibawah pemanas.

No comments:

Post a Comment